Thursday, April 21, 2011 | By: evil.fr0m.heaven

Tutorial Cara Untuk Mencari dan Menampilkan Data di Dua Tabel yang Berbeda dengan Menggunakan Query

     Sebelum saya mulai tutorial ini.. Ada dua program yang digunakan dala tutorial ini, yaitu Sybase PowerDesigner dan PostgreSQL..
     Jika PC anda telah terinstall program - program tersebut.. Ini langkah - langkah tutorial nya :
     Pertama kita buat dahulu CDM dan PDM pada PowerDesigner (langkah-langkah pembuatan CDM dan PDM ada di postingan sebelumnya).. Buatlah entry untuk database anda.. Disini saya akan membuat database perpustakaan dengan entry sbb : anggota, buku, kategori_buku, meminjam, menerbitkan, mengarang, penerbit, pengarang.


        CDM perpustakaan (output/tampilan) :
         PDM perpustakaan (output/tampilan) :


        Langkah berikutnya, yaitu membuat script Databasenya dengan cara klik database -> generate database / ctrl+G.. Akan tampil seperti berikut :


        Di tag directory ganti lokasi dimana kita akan menyimpan file databasenya.. Kemudian klik OK..
     Langkah ketiga, kita akan menggunakan PostgreSQL.. Buka aplikasi pgAdmin III.. Buatlah database baru sesuai dengan CDM/PDM yang telah anda buat.. Pada tutor ini saya membuat database "perpustakaan".. Setelah itu klik kanan pada database anda yang telah anda buat lalu klik create script..


     Kemudian buka file database anda yang berekstensi *.sql dengan menggunakan notepad.. Copy semua script tersebut.. Paste pada query pgAdminIII.. Tunggu hingga proses selesai.. Jangan sampai ada yang eror, jika terjadi eror, maka anda harus re-check pada CDM dan PDM yang anda buat..
     Agar lebih mudah kita isi entry dari tabel-tabel database kita.. Kita buat di pgAdminIII.. Caranya yaitu, klik tanda + pada nama database anda -> Schemas -> Public -> Tables.. Lalu klik kanan pada nama tabel yang akan anda isi entry nya, pilih view data..
    Setelah selesai mengentry data.. Berikutnya adalah cara-cara untuk menampilakan data-data yang telah kita entry menggunakan PosgreSQL (SQL Shell), yaitu sbb :
  1.      Menampilkan data anggota yang meminjam buku lbh dari satu buah.. Scriptnya adalah select meminjam.kode_anggota, anggota.nama_anggota, anggota.jurusan, count (*) as jumlah_pinjam from meminjam,anggota where meminjam.kode_anggota=anggota.kode_anggota group by anggota.nama_anggota, anggota.jurusan,meminjam.kode_anggota having count(*) >1; 
  2.      Menampilkan data penerbit yang menerbitkan buku paling banyak.. Scriptnya adalah Select penerbit.kode_penerbit,penerbit.nama_penerbit,penerbit.alamat_penerbit,penerbit.telpon,penerbit.mail, count (*) as jumlah_buku_diterbitkan from penerbit,menerbitkan where menerbitkan.kode_penerbit=penerbit.kode_penerbit group by penerbit.kode_penerbit,penerbit.nama_penerbit,penerbit.alamat_penerbit,penerbit.telpon,penerbit.mail having count(*) >1;
  3.             Menampilkan data buku yang penerbitnya ada pada tabel penerbit.. Sciprtnya adalah select buku.kode_buku,buku.judul_buku,buku.tahun_buku,buku.no_isbn,buku.kode_penerbit from buku,penerbit where buku.kode_penerbit in (select penerbit.kode_penerbit from penerbit) group by buku.kode_buku,buku.judul_buku,buku.tahun_buku,buku.no_isbn,buku.kode_penerbit;
    Sekian tutorial dari saya.. Semoga berguna/bermanfaat.. Terima Kasih telah membaca..
     


0 comments:

Post a Comment